Rabu, 23 Juli 2008

Air Minum Bersih

Air minum merupakan sumber kehidupan bagi manusia, air merupakan kebutuhan pokok tubuh, sehingga kekurangan akan air dapat mengakibatkan berbagai masalah dalam tubuh.

Diperkotaan besar padat penduduk saat ini sangatlah sulit mendapatkan air minum dengan kwalitas baik untuk dikonsumsi. Pencemaran yang terjadi pada sungai-sungai yang ada ditengah kota maupun pencemaran pada air tanah mengakibatkan buruknya kwalitas air tersebut.


Pencemaran terhadap sungai diakibatkan oleh pembuangan sampah yang saat ini banyak dilakukan oleh penduduk disekitar sungai, ataupun juga pembuangan limbah pabrik maupun industri kecil disekitarnya. Dapat kita perhatikan betapa bau dan kotornya warna air dari sungai dan kali yang melewati kota-kota padat penduduk. Keterbatasan lahan pembuangan sampah karena padatnya penduduk menjadi salah satu penyebab, sungai menderita sebagai tempat pembuangan sampah. Dapat kita bayangkan berapa banyak jumlah kandungan zat kimia, bakteri dan segala macam zat-zat menakutkan dalam kandungan air tersebut.

Air tanah akhirnya menjadi pilihan penduduk untuk memperoleh air bersih. Secara sekilas dapat terlihat bahwa air tanah ini terlihat bening, tapi hasil survei terhadap air tanah di Jakarta ternyata air tanah tersebut sebahagian besar mengandung bakteri coliform dan fecal coli. Pencemaran air tanah dijakarta sebahagian besar juga disebabkan oleh pembuangan limbah industri yang dilakukan secara sembarangan.
Air tanah yang ada didaerah sekitar sungai juga biasanya berwarna kuning dan berbau. Air yang terlihat bening ternyata juga mengandung karat, yang bila dipakai untuk merendam pakaian akan terlihat pakaian putih berubah warna menjadi kekuningan.

Air PAM menjadi alternatif lain pemenuhan kebutuhan air, akan tetapi air PAM saat ini juga tidak bisa dikatakan memiliki kwalitas yang baik, air PAM yang saya pakai saat ini terasa kandungan kaporit yang cukup tinggi, selain itu juga mengandung zat-zat yang dapat menghancurkan kran yang terbuat dari besi. Pengalaman saya setiap tahun harus mengganti seluruh kran dari bahan besi yang terpasang dirumah, karena kran menjadi keropos dan patah. Apakah Air ini sudah layak diminum ?
Selain itu pelayanan yang dilakukan PT. PAM saat ini juga belumlah maksimal, diantaranya adalah tidak meratanya distribusi air disetiap daerah, dimana ada daerah yang air PAM keluar bagai tetesan air hujan, ada pula daerah dimana air keluar deras. Banyak pelanggan yang akhirnya memilih untuk meutuskan sambungan PAM dikarenakan harus terus membayar tarif PDAM yang terus naik sedangkan air diharapkan tidak mengalir.

Pilihan warga masyarakat akan air minum saat ini beralih ke air dalam kemasan dan air isi ulang , yang diyakini ioleh masyarakat lebih bersih dibanding dengan air tanah maupun air PAM. Akan tetapi perlu pula kehati-hatian dalam memilih produk air yang akan dikonsumsi, karena banyak juga air kemasan dan isi ulang yang diolah secara sembarangan.

0 komentar: